Mesin Pencari Bing vs Google

bing search


Mesin pencari raksasa yang kita kenal saat ini adalah Google Search. Dan sampai saat ini, Januari 2024 Google search menguasai 90% mesin pencari di dunia. Bisa di maklumi karena Google search menjadi platform mesin pencari default untuk semua produk google. Sebut saja browser Google Chrome, sistem operasi perangkat mobile Android, dua produk tersebut sama-sama menguasai pasar. Makanya tidak aneh bila Google search mendominasi mesin pencari yang ada di dunia.

Urutan kedua mesin pencari yang populer adalah Bing Search, mesin pencari ini dikembangkan oleh Microsoft. Sama seperti Google search, Bing search bisa diakses melalui web. Dan juga bisa melalui browser buatan Microsoft sendiri yaitu Microsoft Edge. Ditambah lagi aplikasi seluler yang bisa berjalan di platform Android dan iOS.


bing search


Bing vs. Google

Berikut ini perbedaan-perbedaan antara mesin pencari Google dibandingkan mesin pencari Bing.

Dari segi tampilan, Bing dipenuhi dengan fotografi yang indah dan tautan ke berita. Bisa dibilang tampilannya "rame". Berbeda dengan Google, tampil sederhana dan minimalis yang tidak berubah sejak dari tampilan awal Google search dibuat. Tampilan Google tidak bisa customize, tetap dengan tampilan tulisan Google dan input box, untuk memasukkan keyword yang di inginkan. Sedangkan Bing tampilannya bisa diatur sesuai keinginan, tautan mana yang ingin ditampilkan atau disembunyikan.


google search

Hasil pencarian Google dan Bing, tidak terlalu banyak berbeda. Untuk web yang memenuhi persyaratan SEO (search engine optimization) akan ditampilkan pada pilihan teratas, baik itu di Google maupun di Bing. 

Untuk pengguna yang terbiasa dengan pencarian di Google, saat menggunakan Bing agak terasa berbeda. Keyword yang di ketikkan di Google dan Bing menghasilkan pencarian link yang berbeda, walaupun keyword nya sama persis. Begitupun sebaliknya yang terbiasa menggunakan Bing akan menemukan link yang berbeda saat menggunakan Google.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Mesin Pencari Bing vs Google"