Perbandingan Sinyal Wifi 2,4 GHz dan 5 GHz

5 ghz


Pemanfaatan jaringan nirkabel (wireless) untuk koneksi internet, sekarang makin menjamur. Banyak perangkat elektronik dan komputer yang memanfaatkan wireless. Laptop/notebook keluaran terbaru jarang menyertakan port rj45 untuk sambungan wired (kabel), hanya laptop-laptop premium yang masih menyertakan port rj45 seperti laptop gaming.

Seiring dengan berkembangnya penggunaan Wi-Fi (wireless fidelity), teknologi wireless pun  mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sebelumnya sinyal wifi populer menggunakan gelombang radio berfrekuensi 2,4 GHz. Kini gelombang radio yang digunakan adalah 5 Ghz dan 6 GHz. Ada beberapa perbedaan dari penggunaan gelombang radio tersebut.

Frekuensi 2,4 GHz

Standar Wi-Fi yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz adalah IEEE 802.11a,  802.11b, 802.11g, 802.11n. Definisi frekuensi itu sendiri adalah banyaknya jumlah gelombang yang terjadi dalam satu detik.


one frequency



Frekuensi 2,4 GHz berarti dalam satu detik terjadi 2,4 x 10 pangkat 6 = 2,4 x 1000000 gelombang. Dengan karakteristik tersebut frekuensi 2,4 GHz mempunyai keunggulan dan kelemahan. 

Keunggulan : Mempunyai jangkauan yang lebih luas, artinya sinyal wifi bisa di tangkap lebih jauh. Dapat menembus penghalang lebih mudah, misal kayu, tembok bata, papan dan seterusnya. Perangkat Wi-Fi yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz harganya relatif lebih murah. Karena teknologi ini sudah dikenalkan sejak lama, maka perangkat yang compatible paling banyak. 

Kelemahan: Tapi perlahan teknologi ini akan tergeser dengan yang 5 GHz dan 6 GHz, makin kesini perangkat  yang compatible makin sedikit. Karena banyaknya perangkat yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz, sering  mengalamai interferensi satu sama lain. Berakibat melemahnya penerimaan sinyal di perangkat tujuan. 

Frekuensi 5 GHz

Standar Wi-Fi yang menggunakan frekuensi 5 GHz adalah IEEE 802.11n dan 802.11ac. Merujuk pada keunggulan dan kelemahan frekuensi 2,4 GHz, frekuensi 5 GHz walaupun teknologi baru namun bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Berikut ini penjelasannya.

Keunggulan: Frekuensi yang dimiliki lebih tinggi, berarti lebih banyak data yang bisa diangkut dengan frekuensi ini. Frekuensi 5 GHz bisa memberikan kecepatan maksimal hingga 1 Gbps, sedangkan 2,4 GHz hanya mampu memberikan kecepatan maksimal 100 Mbps. Lebih kebal terhadap interferensi, karena penggunaan perangkat masih jarang. Lebar pita sebesar 500 MHz.

Kelemahan: Kebalikan dari 2,4 GHz, frekuensi 5 GHz mempunyai jangkauan yang lebih sempit. Frekuensi ini kesulitan untuk menembus benda-benda padat. Karena masih jarang, maka perangkat-perangkat nya pun mahal harganya. 

Itulah perbandingan frekuensi dari sinyal Wi-Fi, semoga bisa membantu menentukan pilihan perangkat yang akan digunakan.


Posting Komentar untuk "Perbandingan Sinyal Wifi 2,4 GHz dan 5 GHz"