Manageable Switch D-Link DGS-1100-08

cover dlink dgs1100


Switch merupakan perangkat jaringan yang mempunyai fungsi sederhana tapi sangat diperlukan. Pada jaringan kabel (wired), berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam sebuah jaringan lokal/LAN. Dengan syarat perangkat mempunyai IP address dengan network yang sama. Misal 4 komputer dihubungkan membentuk satu jaringan. Empat komputer tersebut harus memiliki network yang sama. 
Komputer 1 mempunyai IP = 192.168.7.1
Komputer 2 mempunyai IP = 192.168.7.2 
Komputer 3 mempunyai IP = 192.168.7.3
Komputer 4 mempunyai IP = 192.168.7.4

Lalu bagaimana cara menghubungkan 4 komputer tapi networknya berbeda-beda. Itu bisa dilakukan dengan teknologi VLAN (virtual local area network), yaitu satu jaringan fisik tapi mempunyai jaringan logis lebih dari satu. Teknologi VLAN bisa diterapkan pada Manageable Switch.

Manageable Switch D-Link DGS-1100-08

Selain fungsinya sebagai penghubung perangkat yang mempunyai network yang berbeda, manageable switch mempunyai fungsi yang lain, diantaranya QoS (Quality of Service), port mirroring, serta dilengkapi fitur keamanan seperti perlindungan terhadap serangan DDoS. Kemudian manageable switch juga memungkinkan pemantauan lalu lintas jaringan. 

Salah satu produk manageable switch yang akan kita bahas adalah D-Link DGS-1100-08. Spesifikasi switch ini termasuk standar. Namun dengan kemampuan yang lebih dari cukup, untuk penggunaan jaringan yang tidak terlalu besar. Penggunaan di laboratorium komputer dengan jumlah komputer 50-100, D-Link DGS-1100-08 bisa menanganinya.

Terdapat 8 port gigabit yang bisa digunakan untuk konfigurasi VLAN. Tanpa dilengkapi dengan fan (kipas pendingin) switch tetap aman, tanpa menghasilkan panas berlebih. Keunggulannya, switch menjadi senyap. Tersedia juga beberapa fasilitas keamanan yang bisa di aplikasikan. 

Konfigurasi bisa dilakukan via browser, tidak memerlukan aplikasi tambahan. Tegangan yang dibutuhkan 5 volt dengan arus 1 Amper. Sayangnya port power berbentuk bulat tidak support dengan port mini USB.  

Kisaran di harga 600 ribu, switch D-Link DGS-1100-08 layak digunakan sebagai manageable switch di kantor atau sekolah, yang tidak memerlukan biaya besar.

Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Manageable Switch D-Link DGS-1100-08"